Pembelajaran Aktif:
- Proses aktif membangun makna/pemahaman baik dari informasi maupun pengalaman peserta didik.
- Guru dituntut menciptakan suasana yang membangkitkan peserta didik terlibat aktif menemukan, mengolah, dan membentuk pengetahuan atau keterampilan baru
- Proses pembelajaran yang memunculkan ide-ide baru (inovasi) positif yang lebih baik.
- Pembelajaran yang megembangkan kreatifitas peserta didik, potensi belajar; rasa ingin tahu / penasaran, penuh imajinasi
- Guru dituntut menciptakan kegiatan pembelajaran yang beragam yang mampu membangkitkan potensi belajar dan imajinasi.
- Pembelajaran yang menjamin terpenuhinya tujuan pembelajaran dengan tercapainya kompetensi baru (KD) setelah proses pembelajaran.
- Suasana pemebelajaran berlangsung menyenangkan akibat suasana kejiwaan peserta didik bebas dari beban/tekanan.
- Suasana ini merupakan reward yang akan menimbulkan keterlibatan peserta didik belajar secara aktif.
A. Faktor Internal
- Bakat, Kecerdasan, (intelektual, emosional, dan spiritual)
- Minat, motivasi, sikap
- Latar belakang ekonomi, sosial budaya
- Tujuan pembelajaran dan materi
- Strategi, metode dan media pembelajaran
- Pengorganisasian kelas, penguatan (reinforcement) dan iklim sosial dalam kelas
- Waktu yg tersedia, sistem & teknik evaluasi
- Sikap guru dan upaya menangani kesulitan belajar siswa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar