Karnaval Budaya "barang bekaspun dapat diolah"

Pada hari Sabtu tanggal 28 Oktober 2023 pukul 07.30 di halaman SMP Negeri 1 Belitang Madang Raya diadakan upacara peringatan hari sumpah pemuda. Upacara ini diikuti oleh seluruh Guru, Staff dan para pelajar SMP Negeri 1 Belitang Madang Raya. Upacara ini sebagai peringatan ke 95 tahun Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.Yang dimaksud dengan "Sumpah Pemuda" adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta). Keputusan ini menegaskan cita-cita akan ada "tanah air Indonesia", "bangsa Indonesia", dan "bahasa Indonesia". Keputusan ini juga diharapkan menjadi asas bagi setiap "perkumpulan kebangsaan Indonesia" dan agar "disiarkan dalam berbagai surat kabar dan dibacakan di muka rapat perkumpulan-perkumpulan"

Sebagai Pembina upacara adalah Bapak Kepala Sekolah Sawalludin, S.Pd mengingatkan
pentingnya apa itu sumpah pemuda, Tema Pelaksanaan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2023 
“Bersama Majukan Indonesia”. Dari tema ini terdapat tiga makna yang terkandung di dalamnya. Di antaranya ialah:

1.    Membangun Semangat Kolaborasi dari semua elemen Bangsa
dalam Memajukan Indonesia.

2.    Memantapkan kerja bersama dalam satu orkestrasi gerak
langkah melalui rangkaian peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 95 Tahun 2023 sehingga tercipta Pemuda Maju.

3.    Meraih Peningkatan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) melalui kerjasama lintas kementerian dan lembaga serta pemerintah
daerah.

(sumber dari : https://www.detik.com/sulsel/berita/d-7004451/tema-hari-sumpah-pemuda-2023-lengkap-beserta-maknanya.)

pada kegiatan sumpah pemuda kali ini SMP Negeri 1 Belitang Madang Raya mengadakan karnaval budaya yang mana dalam satu tema semangat pembangunan daerah terkait kehidupan kemasyarakatan yang mencerminkan ciri khas toleransi / kerukunan / kegotong royongan dalam pengolahan barang bekas menjadi sebuah gaun yang cantik, menghias sepeda, pawai budaya seperti barongsai, jaran kepang, sisingaan serta pakaian adat yang semuanya adalah hasil karya dari siswa siswi SMP Negeri 1 Belitang Madang Raya.

Kepala SMP Negeri 1 Belitang Madang Raya “Sawalludin, S.Pd” lepas peserta karnaval budaya tahun 2023. Acara pelepasan karnaval budaya ini dilaksanakan di gerbang 2 sekolah, adapun rute peserta karnaval budaya sepanjang kurang lebih 5 KM dan ditandai dengan hantaman keras penampilan Marching Band Suara Buana Prima Yudha.

Pembina OSIS SMP Negeri 1 Belitang Madang Raya “Irsalina Rahmawati, S.Pd” mengatakan bentuk dan sifat kegiatan ini adalah karnaval budaya, dalam kemasan arak – arakan yang dikemas secara kreatif, atraktif, apresiasif, inovatif, evaluasi dan kompetitif. 

Irsalina Rahmawati menambahkan nantinya juga akan ada penilaian terkait karnaval ini, seperti sepeda hias dan kreatifitas pengolahan limbah akan diambil tiga unggulan yang berhak mendapatkan trophy dan uang pembinaan dari kepala sekolah. sekaligus pengundian doorprize bagi peserta karnaval yang beruntung. (am81)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar