SMP Negeri 1 Belitang Madang Raya Jadi Sekolah Rujukan di Kabupaten OKU Timur

Belitang Madang Raya – Memasuki Tahun ajaran 2016-2017, SMP Negeri 1 Belitang Madang Raya, ditunjuk sebagai sekolah rujukan salahsatu dari SMP yang terpilih di Sumatera Selatan (Sumsel), proses penilaian sebagai sekolah rujukan dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui proses verifikasi tim independent dalam hal ini sebagai penilai adalah dosen Universitas Negeri Medan . Karena, SMP Negeri 1 Belitang Madang Raya sudah mampu memenuhi atau melampaui 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP), dalam mengembangkan ekosistem sekolah yang kondusif sebagai tempat belajar.

Kepala SMP Negeri 1 Belitang Madang Raya “Drs. Sri Margono, MM didampingi Drs. Boimin selaku Wakil Kurikulum mengatakan, tidak mudah untuk menjadi sekolah rujukan. Karena, banyak kriteria yang harus dimiliki oleh sekolah yang dimaksud.

“Alhamdulillah, SMP Negeri 1 Belitang Madang Raya, mulai awal Agustus lalu, ditetapkan sebagai SMP rujukan untuk diwilayah Kabupaten OKU Timur. Sebab, sekolah ini sudah memenuhi dan melampaui 8 SNP yang ada. Oleh sebab, SMP Negeri 1 Belitang Madang Raya, menjadi percontohan bagi SMP negeri/swasta lain yang ada di Kabupaten OKU Timur, baik itu dari segi program pembelajaran ataupun hal yang lain,” jelasnya.

Kami menyadari, seorang kepala sekolah tidak akan bisa bergerak tanpa perhatian pemerintah, semangat dewan guru, dukungan komite sekolah dan masyarakat. Ketika semua komponen ini mendukung, sukses sudah pasti. Tapi kalau tidak, bagaimanapun semangatnya kepala sekolah, akan sangat sulit mencapai sukses itu,” tambahnya.

Adapun lanjutnya, tujuan dibentuknya sekolah rujukan ini, sebagai salahsatu upaya untuk meningkatkan mutu guru, siswa serta kualitas sekolah, agar kedepan bisa lebih maju dari sekarang. “Mengenai program yang akan dijalankan SMP Negeri 1 Belitang Madang Raya setelah terpilih sebagai sekolah rujukan, ada 6 program utama, pertama prestasi akademik, kedua adalah masalah literasi sekolah, selanjutkan masalah sekolah aman dan sehat. Program keempat yaitu penumbuhan budipekerti dan akhlak mulia, berwawasan kewirausahaan dan inovasi, serta program terakhir masalah pelaksanaan kurikulum 2013 berstandar nasional pendidikan,” bebernya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten OKU Timur Drs. M. Ali, MM mengungkapkan, pihaknya memberikan apresisasi pada SMP Negeri 1 Belitang Madang Raya, karena sudah terpilih untuk menjadi salahsatu sekolah rujukan yang ada di Sumsel. “Ini salahsatu prestasi bidang pendidikan yang dapat mengharumkan nama Kabupaten OKU Timur. Jadi, diminta kedepan, kinerja dewan guru SMP Negeri 1 Belitang Madang Raya serta sekolah lain bisa lebih ditingkatkan, untuk meningkatkan mutu pendidikan yang ada di Kabupaten OKU Timur agar lebih baik,” pintanya.




3 komentar:

  1. Semoga SMPN 1 BMR menjadi yg terbaik,saya alumni th.1998,alhmdulillah anak saya masuk di kelas unggulan 7.3, follow juga saya di www.carajatmiko.com

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. https://www.carajatmiko.com/2018/12/dampak-buruk-media-sosial.html?m=1

    BalasHapus